Ini Dia, Ngabuburit dengan Membaca dan Cerita

Tuban, (bisnissurabaya.com) – Ada pemandangan berbeda menjelang buka puasa di Desa Kaliuntu Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban Jawa Timur/Jatim. Jika biasanya anak-anak banyak yang menunggu waktu berbuka puasa dengan bermain petasan atau game dalam gadget. Namun ini berbeda. Anak-anak di Desa Kaliuntu ini mengisi kegiatan ngabuburit dengan membaca buku dan bercerita.

Seperti inilah keseruan dan keramaian di Balai Desa Kaliuntu Kecamatan Jenu Tuban yang menjadi pusat tempat kegiatan ngabuburit dengan membaca dan bercerita. Puluhan anak-anak langsung menyerbu ratusan buku bacaan  berbagai judul  yang disediakan pemuda karang taruna/katar dan kader literasi Desa Kaliuntu selaku pencetus dan pengagas kegiatan ngabuburit dengan membaca dan bercerita ini.

Dengan antusias, anak-anak di Desa Kaliuntu dan sekitarnya ini, berebut mencari buku bacaan yang menarik untuk dibaca sembari menunggu waktu buka. Tidak hanya anak-anak saja, orang tua juga terlihat ikut membacakan dongeng bagi anaknya dan anak-anak lainnya. Berbagai macam jenis buku bacaan mulai dari dongeng anak-anak bergambar, pelajaran, sejarah, novel dan agama tersedia di sini.

Semua buku ini didapat dari pengurus karang taruna dan anggota kader literasi Desa Kaliuntu yang mencari dan mengumpulkan berbagai macam buku yang dimiliki untuk dipinjamkan di acara ngabuburit  ini. untuk memancing minat anak-anak untuk membaca, pihak katar menyiapkan kupon makanan dan minuman gratis bagi anak-anak yang mau bercerita.

Kupon senilai Rp 1.000 hingga Rp 5.000 ini bisa ditukarkan dengan berbagai macam jenis jajanan di bazar ramadhan desa setempat. Mustofa, warga setempat mengatakan, ada sekitar 40 sampai 50 lebih anak yang setiap harinya berkumpul dan membaca di Balai Desa Kaliuntu ini. Mereka sengaja datang karena merasa tertarik dan senang menunggu berbuka puasa sambil membaca atau bercerita.

Sementara itu, Ketua Katar Kaliuntu, Muhammad Khusnul Marom, mengatakan, pemuda desa bersama kader literasi Desa Kaliuntu, Jenu, memang ingin menciptakan budaya baru yang edukatif di lingkungan sekitar saat menunggu waktu berbuka pusa. Salah satunya dengan budaya membaca dan bercerita ini. kegiatan ngabuburit membaca dan bercerita ini, berlangsung selama ramadhan. (sumali/stv)

sumber : http://bisnissurabaya.com

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)