Bersyukur, Masyarakat Kaliuntu Gelar Sedekah Laut

blokTuban.com - Masyarakat pesisir dari Desa Kaliuntu, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur menggelar perayaan sedekah laut, Minggu (24/9/2017). Menurut keterangan yang dilontarkan panitia sedekah laut, Moh. Husnul Marom, sedekah laut merupakan tradisi turun-temurun yang setiap tahunnya dirayakan oleh masyarakat nelayan.

"Sedekah Laut Desa Kaliuntu merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh masyarakat nelayan dengan beberapa rangkai acara," ulas Marom kepada blokTuban.com, Minggu (24/9/2017).

Menurutnya, tradisi tersebut merupakan Manifestasi dari masyarakat desa pesisir Jenu Tuban dalam rangka bersyukur kepada Allah SWT atas hasil yang diperoleh nelayan dari menangkap ikan di laut. Kegiatan ini juga untuk berdoa agar hasil dalam menangkap ikan akan selalu melimpah dan diberi keselamatan ketika nelayan bekerja melaut.

"Kegiatan ini sekaligus sebagai rasa syukur atas rizki yang diberikan Allah SWT dan sebagai sarana silaturrahmi antar nelayan," imbuh Marom.

Berdasarkan informasi yang dihimpun wartawan media ini, Sedekah Laut Masyarakat Nelayan Kaliuntu diawali dengan acara doa atau tahlil bersama. Setelah itu, pada siang tadi kegiatan dilengkapi dengan hiburan rakayat. [rof/ito]

Sumber : bloktuban.com

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)