17 Maret 2020 10:14:06
Ditulis oleh admin

Produk Unggulan Pengolahan Hasil Laut Desa Kaliuntu

http://kaliuntu-jenu.desa.id/ - Desa Kaliuntu adalah salah satu Desa di Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban, dimana wilayah sebelah utaranya berbatasan langsung dengan Laut Jawa. Dengan pantai sepanjang lebih dari 1 Km, dan banyaknya perahu yang tertambat menandakan bahwa masyarakat disepanjang pantai mayoritas berprofesi sebagai Nelayan.

Pada umumnya, hasil tangkapan dari laut sebagian dijual berupa ikan segar dan sebagian di olah menjadi berbagai jenis produk olahan hasil laut sekaligus itu menjadi produk unggulan Desa Kaliuntu, antara lain: Ikan Asin, Ikan Asap, Ikan Pindang, Terasi, Krupuk Ikan, Nuget Ikan, Rolado Ikan dan lain – lain.

Sejauh ini, kegiatan tersebut masih bersifat perseorangan belum terbentuk dalam satu Organisasi, karena masih minimnya kesadaran masyarakat tentang keorganisasian, selain itu masih kurangnya modal dan rendahnya SDM di bidang tersebut.

“Harapan kedepan Pemerintah Desa bisa bekerjasama dengan pihak – pihak terkait untuk melakukan pelatihan – pelatihan dan sosialisasi secara berkelanjutan agar bisa meningkatkan kesadaran para pelaku usaha tersebut”. Ujar Kepala Desa Kaliuntu, Murtadho.

Selain itu juga bisa membuka kesempatan jika pihak – pihak yang ingin bekerjasama. Ini tentu selaras dengan program Pemerintah yang akan memajukan dan mengangkat UKM untuk bisa berkontribusi lebih besar dalam era industri saat ini dan kedepan.

Dari segi potensi SDA khususnya laut di Desa Kaliuntu mungkin luar biasa dengan lautnya yang relatif tidak berombak besar, memberikan peluang para nelayan untuk bisa melaut hampir setiap hari. (IF/KU).



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus